top of page

3 Faktor Penentu Kepuasaan Pelanggan


Faktor utama dalam berbisnis adalah produk dan pelanggan. Pelanggan atau pembeli adalah pihak yang menukarkan sejumlah uang untuk mendapatkan produk Anda. Berhasil atau tidaknya usaha Anda tergantung dari banyak atau sedikitnya pembeli yang membeli produk Anda. Karena itu benar kiranya pepatah yang mengatakan “Pembeli itu Raja”. Nah, apa saja yang harus diperhatikan untuk memuaskan “Sang Raja”?

Harga. Ini nomor satu. Karena untuk mendapatkan produk Anda, ada harga yang harus dibayarkan pembeli. Jadi kalau Anda sering mendapatkan komentar :”mahal amat harganya” atau “ditoko X harganya gak semahal ini”, mungkin Anda perlu meneliti kembali harga yang Anda tawarkan apakah sudah sesuai.

Pelayanan. Hal ini berkaitan dengan komunikasi dan pertukaran informasi antara penjual dan pembeli. Pada toko fisik, pelayanan dari penjual langsung dapat dirasakan karena pembeli langsung datang ke toko. Pada model penjualan secara online, pembeli melakukan kontak melalui sarana komunikasi tambahan seperti chat via sms, email, LINE atau WhatsApp. Jadi perlu diperhatikan keramahan dan kesopanan dalam berkomunikasi. Pembeli sangat menyukai penjual yang responsif dan cepat dalam menjawab pertanyaan atau keluhan pembeli.

Hubungan diantara penjual dan pembeli dimulai ketika terjadi proses jual beli. Hubungan tersebut terus dapat dikembangkan dengan bantuan database konsumen yang tercatat. Melalui database konsumen, Anda dapat melakukan update peluncuran produk baru, promo dan diskon. Hubungan yang terbina baik akan membuat pembeli Anda selalu ingat dengan toko Anda.

Hubungan antara penjual dan pembeli tak akan pernah berakhir. Suatu saat Anda seorang penjual, tapi di saat yang lain mungkin Anda sebagai pembeli. Bagaimana Anda sebagai pembeli ingin dilayani mungkin dapat menjadi standar ketika Anda memberikan pelayanan sebagai penjual.

“Pelanggan yang tidak puas adalah guru bisnismu yang terbaik” - Bill Gates

Baca juga artikel menarik ini :

  1. No more “Sorry, we are overload, No rechat please”

  2. Marketplace vs Website Toko Online

bottom of page