Bagaimana Mengelola Usaha Retail Menjadi Lebih Baik dengan APS?

Berbagai jenis usaha bermunculan seiring dengan perkembangan jaman. Salah satunya adalah usaha retail. Usaha retail atau toko retail adalah sebuah usaha yang menjalankan penjualan barang secara eceran atau satuan. Sebagian contoh dari usaha retail adalah toko produk fashion, mini market, bakery, toko buah, pet store, florist, toko mas, dan toko aksesoris Handphone.
Beberapa ciri usaha retail:
Memiliki jenis produk yang sangat beragam.
Jumlah produk yang cukup banyak.
Pergerakan stok barang yang cukup cepat.
Usaha retail dilakukan dengan berbagai cabang toko fisik dan saluran marketplace yang tersebar. Sehigga stok barang tersebar di berbagai tempat.
Tren penjualan secara online juga menjadi tantangan bagi pengusaha retail. Usaha untuk memperluas pasar tentunya harus diimbangi dengan peningkatan pengelolaan usaha retail yang lebih efisien. Solusi apa yang dibawa oleh APS untuk usaha retail?
1. Sistem Auto Pilot

Sistem Auto Pilot membantu pemilik usaha memantau semua cabang usaha dimana saja dan kapan saja. Pengelolaan toko dapat dilakukan tanpa kehadiran langsung si pemilik usaha. Mengelola berbagai cabang usaha menjadi mudah.
2. Menambah Saluran Penjualan

Menambah saluran penjualan dengan dibuatkan website toko online secara praktis dan mudah. Konsumen diberi kemudahan melakukan pembelian dan pembayaran tanpa harus menunggu konfirmasi staff admin tentang ketersediaan barang dan jumlah yang harus ditransfer. Peningkatan penjualan dilakukan dengan memadukan penjualan toko fisik dan penjualan online.
3. Sistem Averaging Cost

Sistem averaging cost membantu penentuan harga modal yang pasti. Nilai stok barang dalam rupiah dapat tersaji setiap saat. Setiap transaksi yang terjadi akan dicatat pergerakan stok nya secara otomatis. Penggunaan sistem APS dapat membantu mengelola jenis produk beragam dan jumlah produk yang banyak. Mengelola stok dan mencegah kehilangan stok barang dapat dilakukan dengan mudah.
4. Membangun Database Konsumen.

Berbagai kegiatan promosi dapat dilakukan secara tepat sasaran dengan menggunakan database konsumen yang real. Program membership juga dapat membangun kesetiaan konsumen. Berdasarkan database konsumen tersebut dapat dibangun hubungan dan komunikasi yang efektif antara penjual dan pembeli.
5. Data yang Tepat dan Akurat

Data yang tepat dan akurat menjadi dasar setiap pengambilan keputusan penting. Berbagai laporan usaha yang tersimpan, dapat disajikan dengan cepat dan mudah. Pemilik usaha dapat melihat jenis produk mana yang terlaris penjualannya atau produk mana yang perlu diberikan diskon untuk meningkatkan penjualan. Dan masih banyak lagi data-data tentang usaha yang dapat diolah dan dimanfatkan untuk kemajuan usaha.
Penggunaan sistem yang tepat dapat membantu memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam menjalankan usaha retail. Hasil positif akan terlihat pada kemudahan pengelolaan stok barang. Perlu diingat pengelolaan stok yang baik akan mencegah kehilangan stok dan memiliki dampak lanjutan pada hasil laba usaha yang dicapai.