Kudapan Sehat

Kelola Piutang Pelanggan Dengan Bijak



Piutang Pelanggan Sudah Dikelola?😀


Transaksi penjualan dengan cara kredit sudah umum terjadi. Penjual memberi kelonggaran kepada pembeli untuk melakukan pembayaran di kemudian hari. Penjualan dengan piutang berpotensi meningkatkan penjualan. Fleksibilitas pembayaran dengan piutang ini tentunya menjadi salah satu cara memenangkan persaingan pasar.


Agar tujuan diatas dapat tercapai, tentunya piutang perlu dikelola dengan baik, karena piutang sangat terkait dengan cashflow dari usaha. Jangan sampai banyak piutang tak tertagih alias macet yang justru membuat usaha terbelit. Kesalahan mengelola piutang pasti menimbulkan kerugian usaha.


Agar mantap memberi piutang, lakukan 3 hal praktis berikut:

PILIH PELANGGANMU

Perlu dilakukan seleksi pelanggan yang akan diberi kredit. Hanya pelanggan potensial saja yang layak diberi kredit. Pembatasan pelanggan akan mencegah kerugian usaha akibat konsumen nakal.



ATUR JATUH TEMPO PIUTANG

Pembatasan jatuh tempo piutang juga sangat perlu dilakukan. Untuk pelanggan baru yang belum lama bekerja sama, tentunya diberikan tempo yang lebih singkat




TETAPKAN LIMIT

Besaran piutang yang diberikan kepada masing-masing pelanggan juga perlu dibatasi. Apabila akumulasi piutang seseorang pelanggan sudah menyentuh limit, maka jangan bertransaksi dengan pelanggan tersebut dengan cara memberi piutang tambahan.



GUNAKAN SISTEM MANAJEMEN PIUTANG

Untuk memudahkan kamu mengelola piutang, diperlukan sistem manajemen Piutang. Sistem yang dapat membantu memilih pelanggan yang akan diberikan piutang, mengatur jatuh tempo, membatasi limit, serta mencatat pelunasan piutang dan melihat saldo piutang konsumen dengan mudah.

Cari tahu kemudahan Manajemen Piutang APS 😃

Bijak mengelola piutang bersama APS