Menjadikan Komplain sebagai suatu Kesempatan

Hampir semua pengelola usaha pasti pernah menghadapi yang namanya komplain. Dan biasanya ketika hal tersebut terjadi, awalnya pasti membuat kita tidak nyaman.
Tapi tahukah kamu? Komplain adalah kesempatan bagi kita para pengelola usaha untuk mengembangkan usaha yang kita kembangkan menjadi jauh lebih baik. Karena komplain berawal dari ketidak sesuaian antara harapan pelanggan yang sudah membayar dengan apa yang kita berikan. Misalnya cacat produksi yang dikirim kepada pelanggan, atau kualitas produk yang tidak sesuai dengan janji promosi. Atau bisa juga komplain datang mengarah kepada pelayanan yang kita berikan, pengiriman yang lama, admin yang tidak ramah, dll. Apapun itu, komplain selalu bisa menjadi kesempatan kita untuk meningkatkan kualitas usaha dan membina hubungan dengan pelanggan.
Berikut adalah tips yang dapat kamu lakukan ketika menghadapi suatu komplain.

UJI DAN SELIDIKI SUATU KOMPLAIN
Menguji dan menyelidiki sebuah komplain adalah hal yang perlu dilakukan, kita perlu mengetahui letak sumber masalah yang sedang terjadi. Apakah muncul karena kualitas produk yang kurang baik atau karena penyalahgunaan produk yang dilakukan oleh pelanggan. Atau bisa masalah terjadi berasal dari pihak ketiga, misalkan dari pihak kurir yang mengirim produk kepada pelanggan.
Komplain yang sudah diuji dan diselidiki, dapat kita rangkum dan tampung untuk dievaluasi kemudian.

APRESIASI KOMPLAIN PELANGGAN
Komplain adalah suara pelanggan yang sangat jujur dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan dari usaha yang kita kembangkan. Karena itu sangat baik sekali jika kita memberikan apresiasi kepada pelanggan yang speak up atas ketidak nyamanannya. Dengan mengapresiasi pelanggan, kita juga dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan tersebut. Sehingga dari sebuah komplain dapat berubah menjadi testimony yang menguntungkan kita. Bentuk apresiasi itu sendiri bisa dalam bentuk penggantian produk, pemberian voucher atau apapun yang bermanfaat bagi pelanggan.

EVALUASI DAN TINGKATKAN KUALITAS PRODUK
Komplain yang kita terima dapat menjadi informasi gratis dari pelanggan yang dapat kita gunakan sebagai dasar untuk pengembangan produk atau layanan kita agar menjadi lebih baik. Jadi lakukanlah evaluasi dan tingkatkan kualitas produk, bisa jadi ada perubahan total design produk, kemasan atau apapun yang melekat pada produk. Sehingga akan muncul produk baru yang lebih bagus kualitasnya, disukai pelanggan karena sesuai dengan permintaan.
APS selalu siap men-support para pengelola usaha yang ingin naik kelas.
Tertarik? Yuk Mulai Sekarang!