Seberapa Pintar Kamu Membangun Hubungan?

Bangun Relasi Yang Sehat Yuk 😊
Salah satu penyebab dari keberhasilan usaha adalah KEMAMPUAN MEMBANGUN RELASI. Sudah banyak pemilik usaha yang menyadari pentingnya dan membangun hubungan baik dengan konsumen. Bahkan tanggal 4 September diperingati sebagai hari pelanggan nasional.
Nyatanya, ada 3 relasi lain yang juga harus kamu bangun untuk mendukung keberhasilan usaha:

SUPPLIER / PEMASOK
Kamu perlu memilih, mengenal dan membangun hubungan dengan pemasok. Pilihlah pemasok yang selalu menepati perjanjian kerjasama, misalnya dalam hal tempo pengerjaan atau jenis bahan yang digunakan. Membangun relasi yang baik dengan pemasok, tentunya sangat membantu dalam menjaga kepastian pasokan bahan baku usaha.

TEAM Ibarat perahu, pemilik berperan sebagai nakhoda penentu arah kemana perahu akan berjalan. Untuk memastikan perahu berlayar dengan baik, pemilik usaha perlu dibantu oleh tim. Setiap orang dalam tim usaha adalah para awak yang turut memastikan kapal berjalan ke arah yang telah ditetapkan. Sebagai pemilik usaha, kamu harus pintar memilih, membangun dan membina hubungan kerja sama yang baik dengan seluruh orang-orang dalam tim. Memiliki tim yang solid dan satu visi akan sangat membantu mencapai keberhasilan usaha.

PARTNER Beberapa usaha mungkin memiliki lebih dari satu pemilik atau memiliki reseller sebagai mitra penjualan. Kita perlu mengenal partner dengan baik. Partner yang solid berarti bersama-sama memiliki itikad untuk mencari solusi terbaik dari setiap tantangan yang ada.
Membangun hubungan artinya memilih orang-orang yang tepat di lingkaran usaha Anda. Tapi sebelum berharap menemukan orang yang tepat, pastikan diri kita memiliki kualitas yang baik bagi orang lain.