top of page

Tips Menjaga Keharmonisan “Work Life Balance”



Hi, sudah pernah dengar work life balance kan?


Work Life Balance merupakan seni mempertahankan hubungan yang harmonis, dalam menumbuhkan rasa sayang kepada diri sendiri, dengan menyeimbangkan antara jam kerja dengan jam istirahat.

Director & Founder APDC sekaligus psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan, menjaga work life balance sangat perlu dilakukan lantaran bukan hanya memberikan dampak yang bagus pada hasil kerja namun juga pada kesehatan mental.

Sebagai pemilik usaha, mungkin saat ini kamu mendapatkan tekanan pekerjaan yang menuntut kamu untuk bekerja lebih ekstra, tapi tidak bisa dipungkiri kalau kurangnya istirahat sangat mempengaruhi produktivitas dan hasil pekerjaan yang kamu lakukan. Maka work life balance bisa menjadi salah satu option yang dapat kamu pilih untuk menjaga produktivitas pekerjaan mu.

Analisa Widyaningrum membeberkan beberapa cara agar kita bisa menjaga work life balance, diantaranya:

 

KENALI FOKUS TUJUAN YANG INGIN DICAPAI

Langkah pertama adalah kita harus memahami apa yang ingin kita capai. Untuk apa kita bekerja? Targetnya apa? Apa yang harus kita lakukan untuk mencapai target tersebut?


Dengan kita memahami hal ini, tentu pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih ter-arah.



MANAGE WAKTU DENGAN BAIK

Salah satu tips yang bisa kita terapkan untuk bisa me-manage waktu dengan baik, adalah membuat daftar agenda mana yang lebih penting dilakukan dan mana yang tidak.


Membuat daftar agenda juga bisa mengetahui kapan jadwal kosong yang bisa kita digunakan untuk beristirahat.



SUPPORT SYSTEM

Support system yang sehat sangat diperlukan ketika kita sudah memiliki banyak agenda. Kamu bisa meng-hire asisten atau bisa juga menggunakan sistem yang cerdas seperti APS, yang bisa membantu kamu mengelola usaha dengan mengotomatisasi laporan-laporan dan memantau usaha kamu dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

 

Punya Produktivitas yang sehat, yuk mulai sekarang!

bottom of page